D. SEJARAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
DEMOCRITUS
PLATO&ARISTOTELES
ARISTOTELES
JOHN AMOS COMENICUS
ROUSSEAU
JOHN LOCKE
JOHN HEINRICH PESTALOZZIFRANCIS GALTON 1. Kontribusi Bagi Proses Pendidikan 2. Kontribusi Bagi Peserta Didik
3. Kontribusi Bagi Pendidik F. METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
1. Instrospeksi
§STANLEY HALL
§WILLIAM JAMES
§CATTEL
§BINET
§ABAD KE-20
E. KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI TEORI & PRAKTEK PENDIDIKAN
1.Kontribusi Bagi Proses Pendidikan
2.Kontribusi Bagi Peserta Didik
3.Kontribusi Bagi Pendidik
a.Penggunaan audio visual aidshttp://www.ehow.com/audio-visual-aids/
b.Membantu dalam pengelolaan sekolah
c.Membantu dalam penyusunan jadwal pelajaran
d.Membantu terhadap produksi buku pelajaran
e.Memberi dasar bagi penyusunan kurikulum
a.Mengerti hakekat belajar
b.Pendidikan yang lebih kooperatif dan demokratif bagi siswa
c.Membantu perkembangan kepribadian siswa melalui kegiatan ekstra/intra kurikuler
a.Pendidik lebih terbuka terhadap perbedaan individu
b.Mengetahui metode mengajar yang efektif
c.Memahami permasalahan anak didik
d.Membantu dalam evaluasi belajar
e.Meningkatkan kemampuan meneliti
f.Mengarahkan pendidik dalam menangani anak-anak khusus
g.Pendidik lebih terbuka terhadap perbedaan individu
h.Mengetahui metode mengajar yang efektif
i.Memahami permasalahan anak didik
j.Membantu dalam evaluasi belajar
k.Meningkatkan kemampuan meneliti
l.Mengarahkan pendidik dalam menangani anak-anak khusus
1.Introspeksi
2.Observasi
3.Metode Klinis
4.Metode Diferensial
5.Metode Ilmiah
6.Metode Eksperimen
Melakukan pengamatan ke dalam diri sendiri/self observation yaitu dengan melihat keadaan mental pada waktu tertentu.
2. ObservasiKegiatan melihat sesuatu di luar diri sehingga yang diperoleh merupakan data overt behavior (perilaku yang tampak).
3. Metode Klinis
Digunakan untuk mengumpulkan data secara lebih rinci mengenai perilaku penyesuaian dan kasus-kasus perilaku menyimpang.
J Studi Kasus Klinis
J Studi Kasus Perkembangan
4. Metode Diferensial
Digunakan untuk meneliti perbedaan-perbedaan individual yang terdapat di antara anak didik.
Menggunakan berbagai macam teknik pengukuran (contoh: tes, angket,dsb) serta menggunakan statistik untuk menganalisis.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar