kegiatan lokakarya FAI UNDAR

Lokakarya Nasional Fai Undar Slideshow: Shobih’s trip to Surabaya, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Surabaya slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.

Senin, 09 Mei 2011

Pertemuan ke -7

D.  SEJARAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN


DEMOCRITUS
PLATO&ARISTOTELES
ARISTOTELES
JOHN AMOS COMENICUS
ROUSSEAU
JOHN LOCKE
JOHN HEINRICH PESTALOZZIFRANCIS GALTON
§STANLEY HALL
§WILLIAM JAMES
§CATTEL
§BINET
§ABAD KE-20
E.  KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI TEORI & PRAKTEK PENDIDIKAN
1.Kontribusi Bagi Proses Pendidikan
2.Kontribusi Bagi Peserta Didik
3.Kontribusi Bagi Pendidik
 
1.  Kontribusi Bagi Proses Pendidikan
a.Penggunaan audio visual aidshttp://www.ehow.com/audio-visual-aids/
b.Membantu dalam pengelolaan sekolah
c.Membantu dalam penyusunan jadwal pelajaran
d.Membantu terhadap produksi buku pelajaran
e.Memberi dasar bagi penyusunan kurikulum
 
2.  Kontribusi Bagi Peserta Didik
a.Mengerti hakekat belajar
b.Pendidikan yang lebih kooperatif dan demokratif  bagi siswa
c.Membantu perkembangan kepribadian siswa melalui kegiatan ekstra/intra kurikuler

3.  Kontribusi Bagi Pendidik
a.Pendidik lebih terbuka terhadap perbedaan individu
b.Mengetahui metode mengajar yang efektif
c.Memahami permasalahan anak didik
d.Membantu dalam evaluasi belajar
e.Meningkatkan kemampuan meneliti
f.Mengarahkan pendidik dalam menangani anak-anak khusus
g.Pendidik lebih terbuka terhadap perbedaan individu
h.Mengetahui metode mengajar yang efektif
i.Memahami permasalahan anak didik
j.Membantu dalam evaluasi belajar
k.Meningkatkan kemampuan meneliti
l.Mengarahkan pendidik dalam menangani anak-anak khusus
 
F.  METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
1.Introspeksi
2.Observasi
3.Metode Klinis
4.Metode Diferensial
5.Metode Ilmiah
6.Metode Eksperimen
 
1.  Instrospeksi
Melakukan pengamatan ke dalam diri sendiri/self observation yaitu dengan melihat keadaan mental pada waktu tertentu.
2.  Observasi
Kegiatan melihat sesuatu di luar diri sehingga yang diperoleh merupakan data overt behavior (perilaku yang tampak).
3.  Metode Klinis
Digunakan untuk mengumpulkan data secara lebih rinci mengenai perilaku penyesuaian dan kasus-kasus perilaku menyimpang.
J Studi Kasus Klinis
J Studi Kasus Perkembangan
4.  Metode Diferensial
Digunakan untuk meneliti perbedaan-perbedaan individual yang terdapat di antara anak didik.
Menggunakan berbagai macam teknik pengukuran (contoh: tes, angket,dsb) serta menggunakan statistik untuk menganalisis.
 
 
      
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar