kegiatan lokakarya FAI UNDAR

Lokakarya Nasional Fai Undar Slideshow: Shobih’s trip to Surabaya, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Surabaya slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.

Sabtu, 09 April 2011

pentingnya ilmu jiwa dalam pendidikan


=== Psikologi sebagai ilmu pengetahuan ===

Walaupun sejak dulu telah ada pemikiran tentang ilmu yang mempelajari manusia dalam kurun waktu bersamaan dengan adanya pemikiran tentang ilmu yang mempelajari alam, akan tetapi karena kerumitan dan kedinamisan manusia untuk dipahami, maka psikologi baru tercipta sebagai ilmu sejak akhir 1800-an yaitu sewaktu [[Wilhem Wundt]] mendirikan laboratorium psikologi pertama didunia.

; Laboratorium Wundt:
Pada tahun [[1879]] Wilhem Wundt mendirikan laboratorium Psikologi pertama di ''University of Leipzig'', [[Jerman]]. Ditandai oleh berdirinya laboratorium ini, maka [[metode ilmiah]] untuk lebih mamahami [[manusia]] telah ditemukan walau tidak terlalu memadai. dengan berdirinya laboratorium ini pula, lengkaplah syarat psikologi untuk menjadi [[ilmu pengetahuan]], sehingga tahun berdirinya laboratorium Wundt diakui pula sebagai tanggal berdirinya psikologi sebagai ilmu pengetahuan.

; Berdirinya Aliran Psikoanalisa:
Semenjak tahun 1890an sampai kematiannya di 1939, dokter berkebangsaan [[Austria]] bernama [[Sigmund Freud]] mengembangkan metode psikoterapi yang dikenal dengan nama psikoanalisis. Pemahaman Freud tentang pikiran didasarkan pada metode penafsiran, introspeksi, dan pengamatan klinis, serta terfokus pada menyelesaikan konflik alam bawah sadar, ketegangan mental, dan gangguan psikis lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar