BAB III
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
MANUSIA
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
MANUSIA
Ilmu Jiwa Umum
Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
Ada garis besar yang merupakan faktor terpengaruhnya pertumbuhan dan perkembangan pada seorang anak.
Faktor Intern, faktor yang muncul dari dalam diri anak / dari keturunan.
Faktor Ekstern, faktor yang muncul dari luar diri anak / dari pengalaman dan interaksinya dengan lingkungan.
A.Pertumbuhan
1.Pertumbuhan pribadi manusia
Manusia secara genetis mula-mula terjadi dari satu sperma yang memasuki sebuah indung telur dan terjadi pembuahan.
Individu terbentuk dari 48 kromoson.setiap kromoson mempunyai bentuk dan sifat yg berbeda
24 kromos dr ayah 24 kromos dr ibu dan berkembang terus membentuk butiran yg menyerupai embun (genes) faktor penentu hereditas
2. Pertumbuhan bersifat komplek
3.Pertumbuhan fisik yg normal
Pertumbuhan manusia dimulai dlm kandungan selama 9 bulan
Setelah dilahirkan pertumbuhan pesat pd tahun pertama
Tahun kedua anak tumbuh secara pelan-pelan tetapi konstan selama sampai 10 thn.
Setelah itu menuju ke remaja,pertumbuhannya terjadi dengan pesat.
Setelah itu menuju ke dewasa (21 thn)pertumbuhan semakin menurun.
B. PERKEMBANGAN
1.Prinsip Prinsip Perkembangan
A.perkembangan merupakan fungsi jasmaniah dan kejiwaan yg berlansung dlm proses satu kesatuan yg menyeluruh(integrated)
B.setiap individu mempunyai kecepatan perkembangan
C.perkembangan seseorang,baik secara keseluruhan maupun setiap aspek tidak konstan melainkan berirama.
D.proses perkembangan dgn mengikuti pola tertentu.
E.proses perkembangan berlangsung secara berkesinambungan
F.antara aspek perkembangan yg satu dgn yg lain saling berkaitan
G.perkembangan berlangsung dari pola yg umum ke khusus
H.perkembangan dipengaruhi oleh hereditas dan lingkungan
i.memiliki fungsi kepribadian yg bersifat jasmaniah:fungsi motorik pd bagian-bagian tubuh dll
2.Hukum Perkembangan
- a, perkembangan bersifat kualitatif
- b, perkembangan sngt dipengaruhi oleh proses dan hasil belajar
- c, Usia ikut mempengaruhi perkembangan
- d, masing2 individu mempunyai tempo perkembngn yg berbeda-beda
- e, setiap spesies perkembngn individu mengikuti pola yg sama
- f, perkembangan dipengaruhi oleh hereditas dan lingkungn pendidikan.
- 3.Tahap Perkembangan Pribadi Manusia
Sigmund Freud : libido seksualitas.pembentukan pribadi terjadi dari lahir sampai usia 20 thn.Ada 6 tahap perkembangan fisiologi manusia yaitu :
1.Tahap oral (umur 0 – 1 tahun)
2.Tahap anal (umur 1-3 tahun)
3.Tahap falish(umur 3-5 tahun)
4.Tahap latent (umur 5-13 tahun)
5.Tahap pubertas(umur 13-20 tahun)
6.Tahap genital (umur 20- selesai)
Tahap perkembangan
Ø Jean jacques Rousseau perkembangan fungsi dan kapasitas kejiwaan manusia berlangsung dalam 5 tahap :
v 1.masa bayi (0-2 thn) didominasi perasaan senang
v 2.masa kanak-kanak(2-12 thn) fungsi indra-pengamatan
v 3.masa preadolesen(12-15 thn)fungsi penalaran intelektual
v 4.masa adolesen(15-20 thn)dorongan seksual yg tinggi-kenyataan hidup,moral,kepentingan sosial,keinginan dan emosi,keguncangan jiwa.
v 5.pematangan diri(20-keatas)fungsi kehendak
3 macam tujuan hidup:pemuasan kehidupan pribadi-keinginan kelompok-keinginan masyarakat.
Realisasi keinginan ini fungsi penalaran (self direction & self control
Makasih atas perhatian dan kunjungan anda.!!!para mahsiswa FAI
Gus Shobih Yang cakep.....
BalasHapussaya ingin diberikan solusi bagaimana caranya untuk menghadapi anak usia 4-5 th?
Kadang anak seumuran itu cenderung bicaranya kasar dan tidak jarang dia suka mengumpat.
sayatidaktahu lagi harus bagaimana,saya frustasi...........
mksh sebelumnya..........