kegiatan lokakarya FAI UNDAR

Lokakarya Nasional Fai Undar Slideshow: Shobih’s trip to Surabaya, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Surabaya slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.

Minggu, 10 April 2011

PSIKOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI DISIPLIN ILMU

Apakah psikologi pendidikan sudah merupakan disiplin ilmu yang tersendiri? Hal ini dapat lihat apakah psikologi pendidikan sudah memenuhi syarat-syarat berikut:
1.Harus mempunyai obyek
2.Harus mempunyai metode khusus
3.Harus mempunyai ruang lingkup studi yang jelas 
4.Harus mempunyai nilai guna dan manfaat
Obyek Psikologi Pendidikan  
1.Obyek material, yaitu bersifat umum, yang juga menjadi obyek kebersamaan ilmu-ilmu umum lainnya yang sejenis, (obyek dari ilmu induknya).
2.Obyek formal yaitu bersifat khusus yang hanya menjadi sasaran studi tersendiri dari ilmu yang bersangkutan dan berbeda dari obyek-obyek ilmu lainnya, ini keduanya merupakan penghayatan tingkah laku manusia
Metode khusus 
1. Metodologi Eksperimental
: Cara ini dilakukan biasanya di dalam laboratorium dengan mengadakan berbagai eksperimen. Peneliti mempunyai kontrol sepenuhnya terhadap jalannya suatu eksperimen. 
2. Observasi Ilmiah 
  Pada pengamatan ilmiah, suatu hal pada situasi-situasi yang ditimbulkan tidak dengan sengaja. Melainkan dengan proses ilmiah dan secara spontan. Observasi alamiah ini dapat diterapkan pula pada tingkah laku yang lain, misalnya saja :
1.tingkah laku orang-orang yang berada di toko serba ada,  
3. Sejarah Kehidupan
Sejarah kehidupan seseorang dapat merupakan sumber data yang penting untuk lebih mengetahui “jiwa” orang yang bersangkutan,misalnya dari cerita ibunya, seorang anak yang tidak naik kelas mungkin diketahui bahwa dia bukannya kurang pandai tetapi minatnya sejak kecil memang dibidang musik sehingga dia tidak cukup serius untuk mengikuti pendidikan di sekolahnya.  
 Ruang lingkup Psikologi Pendidikan
1.Masalah perkembangan dan pertumbuhan individu 
2.Masalah belajar mengajar 
3.Masalah pengukuran dan penelitian 
4.Masalah bimbingan dan penyuluhan
Kegunaan Psikologi Pendidikan
 
Secara praktis Psikologi pendidikan berguna pada mereka yang terlibat dalam proses pendidikan dan pengajar.
1.bagi perencana pendidikan
2.bagi para guru
3.bagi para orang tua
 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar