BAB IV
PERANAN PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN
PERANAN PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN
- §-ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN
- §-DEFINISI PENDIDIKAN
- §-SEJARAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
- §-KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI TEORI & PRAKTEK PENDIDIKAN
- §-METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
B. ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN
2.§Pendidikan Formal
3.§Pendidikan Non-formal
B. ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN
1. Pendidikan Informal
Proses belajar yang relatif tak disadari yang kemudian menjadi kecapakan dan sikap hidup sehari-hari”
Contoh: pendidikan di rumah, tempat ibadah, lapangan permainan, perpustakaan, radio, televisi, dsb.
2. Pendidikan Formal
“Pendidikan yang dilaksanakan dengan sengaja dengan tujuan dan bahan ajar yang dirumuskan secara jelas dan diklasifikasikan secara tegas”.
Contoh: jenjang pendidikan sekolah (TK, SD, SMP, SMA, PT)
3. Pendidikan Non Formal
“Pendidikan yang dilaksanakan dengan sengaja tetapi tidak memenuhi syarat untuk termasuk dalam jenjang pendidikan formal”.
Contoh: kursus menjahit, memasak, bahasa, musik, dsb.
C. DEFINISI PENDIDIKAN
§Definisi Awam
§Definisi Psikologi
§Definisi Uu Sisdiknas No.2/2003
1. Definisi Awam
§Suatu cara untuk mengembangkan ketrampilan, kebiasaan dan sikap-sikap yang diharapkan dapat membuat seseorang menjadi warga negara yang baik”.
§“Tujuannya untuk mengembangkan atau mengubah kognisi, afeksi dan konasi seseorang”.
2. Definisi Psikologia.PROSES
“Mencakup segala bentuk aktivitas yang akan memudahkan dalam kehidupan bermasyarakat”
b. HASIL
“Mencakup segala perubahan yang terjadi sebagai konsekuensi atau akibat dari partisipasi individu dalam kegiatan belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar